www.megacareerexpo.com


Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Freelancer

Artikel 12

Tanggal : 22 Oktober 2021, Posted by Wina


Freelancer atau yang biasa disebut dengan tenaga lepas pada dasarnya adalah sebuah pekerjaan yang tidak terikat kontrak jangka panjang namun tetap memiliki ikatan kerja yang kuat terhadap perusahaan. Kontrak yang diberikan terhadap freelancer ini biasanya hanya berisi project, design, waktu pengerjaan, dan juga biaya yang dikenakan. Biaya yang dikenakan terhadap freelancer ini pun akan bervariasi tergantung dari kesulitan proyek dan juga jam terbang.

Pada umumnya karyawan biasa bekeraja pada hari senin – jumat kemudian bekerja sekitar 7 – 8 jam sehari dan memiliki pengahsilan yang tetap dari perusahaan, sedangkan berbanding terbalik dengan seorang freelancer yang mempunya waktu kerja yang fleksibel mulai dari jam kerja, lokasi dan pekerjaan yang ingin dilakukan.

Menjadi seorang freelancer juga memiliki kekurangan dan kelebihan nah apa saja sih? Yuk simak!

Kelebihan :
1. Bebas Tidak Terikat (Bisa bekerja dimana saja)
Bekerja secara bebas sesukamu tanpa memakai seragam, bahkan kamu juga bisa bebas merancang proyek seperti apa yang kamu inginkan tanpa adanya tingkatan manajemen.

2. Bayaran Sesuai Kemampuan Kita
Berbeda dengan pekerjaan biasanya, freelancer juga mampu menghasilkan bayaran lebih besar dari biasanya. Tentunya tergantung dari proyek yang akan dikerjakan.

3. Fleksibel
Freelance juga bisa kita jadikan pekerjaan sampingan (freelance part time). Sehingga kita tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama kita jika kita ingin beralih profesi ke freelancer.

Kekurangan :
1. Penghasilan Tidak Menentu
Karna sifatnya yang fleksibel membuatnya bisa juga mendapatkan penghasilan yang tidak diinginkan.

2. Persaingan antara freelancer sangat ketat
Dalam dunia kerja lepas, semua orang freelancer saling berlomba-lomba untuk meningkatkan kemampuan dan portofolio untuk menarik perhatian klien agar percaya kepada mereka. Sehingga timbul persaingan yang ketat antar freelancer lainnya.

3. Tidak mendaptkan Fasilitas Perusahaan
Freelancer bekerja secara individu tanpa terikat dengan perusahaan, sehingga tidak heran kalau mereka tidak mendapatkan fasilitas sebuah perusahaan.

Bagaimana sobat? setelah mengetahui lebih dalam seorang freelancer, apa yang kalian pikirkan? Tertarik atau malah tambah ingin menjauhi profesi ini sobat? Kalian harus ingat setiap pekerjaan memang punya kelebihan dan kekurangan masing–masing.